Jumat, 08 Februari 2013

Mengapa Lebah Mati Setelah Menyengat?

Mengapa lebah mati setelah menyengat cuy?
Alat sengat lebah sebenarnya disebut ovipositor yang berstruktur seperti tiub yang memanjang dari abdomen lebah. Alat penyengat ini sangat runcing dan mempunyai banyak kait. Di dalam badan belakanga lebah itu terdapat sebuah kelenjer bisa yang dialirkan melalui lubang sengat ke dalam luka yang ditimbulkan oleh sengatan tadi.



Nah, mengapa lebah akan mati setelah menyengat, sebab ketika menyengat sengat tersebut akan ditancapkan ke kulit mangsa dan mengalirkan bisanya. Waktu  sengat itu ditarik setelah menyengat, alat itu terkoyak dari badan belakang dan akibatnya sebgian isi perut lebah ikut tertarik keluat oleh kait sengat itu. Nah, dengan luka parah pada lebah itulah yang mengakibatkan lebah tidak akan bertahan hidup.

Lebah akan menyengat ketika dalam keadaan terpaksa, sebab itu akan membawa maut baginya. Penyeban lebah menyengat sebenarnya dalam keaadaan membela diri. Lebah juga tidak menyukai warna hitam, bau minuman keras, bawang dan sebagainya. Oleh karna itulah, peternak lebah tidak akan menggunakan pakaian berwarna hitam.

Apakah semua lebah akan mati setelah menyengat? Ternyata tidak, hanya lebah madu yang akan mati setelah menyengat.

Tidak ada komentar: