Senin, 04 Februari 2013

Mengapa Kita Butuh Tidur?

Mengapa kita butuh tidur cuy?
Tidur merupakan proses istirahat alami pada berbagai mamalia, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosphila. Kita membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh kita, dan memberi otak kesemptan menata kembali memori.


Kebutuhan tidur seseorang bergantung pada usia seseorang. Misalnya bayi memerlukan 15-18 jam sehari untuk tidur, kanak-kanak memerlukan 10-12 jam sehari untuk tidur, dan orang dewasa memerlukan 3-7 jam untuk tidur dalam sehari. Selain itu, jenis pekerjaan atau aktifitas seseorang juga mempengaruhi kebutuhan tidurnya.

Kita membutuhkan tidur karna setelah beraktifitas sepanjang hari, fungsi-fungsi seluruh tubuh kita sudah melemah, seperti aliran darah, aliran getah bening, sistem saraf, dan sekresi internal. Untuk mengembalikan fungsi-fungsi tubuh kita yang terbaik adalah dengan istirahat dan tidur.

Tubuh yang lelah sering kali membuat seseorang menguap lebih sering. Ini disebabkan karena aliran darah tubuh kita mulai melemah sehingga pasokan oksigen ke otak berkurang. Maka untuk memenuhi oksigen otak, tubuh akan merespon dengan menguap untuk mengambil oksigen lebih sebanyak-banyaknya karena tubuh kita masih dipaksa bekerja. Ketika lelah dan rasa kantuk menyerang, sebaiknya beristirahatlah sejenak, setidaknya berbaringlah sekitar 10-15 menit.

Tidak ada komentar: