Rabu, 16 Januari 2013

Mengapa Cecak dapat Berjalan di Dinding?


Mengapa yaaa cecak bisa berjalan di dinding cuy?

Telapak kaki cecak terdapat 500 ribu lebih bulu halus yang para ilmuwan menamakannya dengan spatulae yang akan membentuk ikatan Van Der Waals pada lapisan dinding.





Bulu halus pada kaki cecak ini panjangnya bervariasi, yakni 30-130 mikrometer dan ketebalannya hanya sepersepuluh tebal rambut manusia. Yang lebih gila lagi, ujung spatulae ini masih terbagi menjadi beberapa bagian.

Terus bagaimana cara spatulae ini merekat pada dinding atau langit-langit rumah?
Ketika kaki cecak merayap di dinding ataupun di langit-langit rumah, ujung-ujung halus dari spatulae menyelip diantara atom-atom lapisan dinding. Lalu, spatulae ini membentuk ikatan Van Der Waals dengan lapisan dinding. Taa daa, hasilnya kaki cecak menempel kuat di dinding.

Kekuatan perekat yang ditimbulkan oleh ikatan Van Der Waals pada spatulae cecak sangat menakjubkan. Satu spatulae atau bulu halus pada telapak kaki cecak memiliki kekuatan perekat sampai 10 atm. Para ilmuwan mengukurnya langsung menggunakan alat bernama Atomic Force Microscope (AFM).

Meskipun kekuatan perekatnya sangat kuat, cecak tetap lincah kok bergerak. Hasil menakjubkan kembali ditemukan bahwa dalam hitungan satu detik, cecak dapat menempelkan dan melepaskan kakinya sebanyak 30 kali. Dan dalam waktu satu detik, cecak dapat berjalan sejauh 15 kali panjang badannya.

Demikian deh cuy penjelasannya. Moga bermanfaat.....

Tidak ada komentar: