Kamis, 15 Agustus 2013

Mengapa Mata Kucing Bisa Menyala?

Mengapa mata kucing bisa menyala ya cuy?
Ketika kita bertemu kucing di malam hari yang gelap dan kita mengarahkan sinar atau cahaya atau yang sering senter ke mukanya, maka matanya akan tampak menyala. Sebenarnya tidak selamanya mata kucing akan menyala setiap terkena sianr, namun cahya dengan sudut tertentu saja yang menyebabkan mata kucing akan tampak menyala.
Nah jawaban mengapa mata kucing bisa menyala yaitu pada mata memiliki Tapetum Lucidum. Nama tersebut diambol dari bahasa latin yang artinya "karpet terang". Nah Tapetum Lucidum ini berfungsi untuk memperbanyak cahaya yang masuk ke retina kucing, tetapi tidak menyerapnya, melainkan memantulkannya sehingga mata kucing terlihat menyala. Hal ini untuk membantu retina kucing untuk meningkatkan pengelihatan di kegelepan.

Tapetum Lucidum terdiri dari membran-membran sebanyak 15 lapisan khusus dan berada tepat di belakang retina kucing. Membran-membran tersebut mengandung sel-sel berkilauan dan bersifat seperti cermin. Kebanyakan warna yang dihasilkan yaitu kehiajuan atau keemasan. Namun beberapa kucing menghasilkan warna merah.

Tidak ada komentar: