Selasa, 27 Agustus 2013

Mengapa Kopi Membuat Melek?

Cuy, mengapa kopi dapa membuat mata kita melek?
Hal ini berkaitan dengan kandungan kopi, yaitu kafein. Kopi terkenal denga kafein tinggi. Kafein ini merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa pahit.

Kafein berperan membalikkan  fungsi senyawa adenosin yang terdapat pada otak kita. Adenosin adalah senyawa yang bertanggung jawab dalam pembetukan perasaan lelah dan mengantuk pada tubuh kita. Nah kafein inilah yang memerangi senyawa adenosin, sehingga setelah meminum kopi kita akan merasa segar, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang serta tekanan darah naik. Kafein juga akan meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh akan tetap terjaga. Selain itu, hati juga akan melepaskan glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh kita.

Butuh waktu 5 jam setelah meminum kopi untuk mengurai 75% kafein yang kita minum. Jadi bagaiaman cara mengatasi kesulitan tidur setelah meminum kopi? Caranya yaitu meminum segelas susu, dan berolahraga kecil untuk mengurai energi yang dihasilkan oleh kafein tadi. Jika belum dapat tidur, cobalah untuk rileks, ciptakan suasana tenang atau membacalah arikel-artikel kecil untuk membuat mata lelah.