Senin, 28 Oktober 2013

Mengapa Gula Lebih Cepat Larut pada Air Panas?

Mengapa ya cuy, gula atau garam lebih cepat larut pada air panas?
Pernah tidak kalian bertanya begitu? Karna pertanyaan ini merupakan pertanyaan saya sewaktu kecil yang teringat sekarang. Nah untuk menjawabnya, lanjut ke paragraf berikut.

Gula atau garam akan lebih cepat larut pada air panas, karena pada air panas pergerakan partikel air lebih cepat. Nah pergerakan partikel yang lebih cepat inilah yang menyebabkan tumbukan antara parikel zat pelarut (dalam hal ini air) dan zat terlarut (dalam hal ini gula/garam) akan lebih banyak. Sehingga, reaksi akan semakin cepat.

Nah, pada air dengan suhu ruangan normal, kita harus mengaduknya untuk mempercepat proses pelarutan gula atau garam tersebut. Gunanya, ya itu tadi, karna pada air dengan suhu ruangan, pergerakan partikel air lebih lambat dibanding air bersuhu panas, maka kita harus mengaduknya untuk mempercepat pergerakan partikel air sehingga tumbukan antara ar oelarut dan zat terlarut akan lebih banyak.

Selain pengaruh suhu, kelarutan zat juga dipengaruhi volume pelarut, jenis zat pelarut, jenis zat terlarut, dan ukuran zat terlarut.

2 komentar:

Amos Pangkatana mengatakan...

thanks bro, sangat membantu skali.

Aulia Rahmah mengatakan...

Assalamualaikum izin saya pakai kak infonya sedikit buat ngetik tugas kuliah makasih