Kamis, 06 Juni 2013

Mengapa Mata Harus Berkedip?

Mengapa ya cuy, mata kita harus berkedip?
Mata merupakan organ manusia yang sangat sensitif. Sedikit saja ada gangguan pada mata, misalnya debu atau hembusan angin, mata kita akan terasa perih dan penglihatan menjadi agak terganggu. Hal ini pasti membuat kita mengedipkan mata.
Nah, dari hal diataslah kita sendiri dapat mengambil kesimpulan sementara sebelum melihat dari penjelasan ilmiahnya, bahwa mata kita berkedip untuk menyingkirkan debu dari mata kita yaitu kornea yang merupakan lapisan mata terluar dari kotoran dan menghalau angin.

Selain itu mata kita juga harus tetap basah oleh air mata. Nah kita berkedip untuk meratakan kembali air mata pada kornea, karena kalau bagian kornea mata kering, kornea akan mudah iritasi. Kalo tidak percaya, coba saja tahan kelopak mata kamu sekitar semenitlah. Perih kan?

Sementara itu, kelopak mata yang berkedip juga menjadi penghalang pertama pada mata kita agar terhindar dari benda-benda kecil dari luar, misalnya debu. Gerakan kelopak mata kita juga sangat cepat lho. Coba saja tepukkan kedua tanganmu di depan wajah temanmu, lihat betapa cepatnya kelopak matanya menutup dan menghindar.

Tidak ada komentar: